Jumat, 26 November 2010

MENGGUNAKAN WEB BROWSER DAN SEARCH ENGINE

A. Web Browser
suatu program atau softwere yang digunakan untuk menjelajahi internet.

Kegunaan web browser :
a. Untuk melacak dan menampilkan sebuah informasi.
b. Untuk berinteraksi dengan server melalui sistem berbasis server.
c. Untuk menampilkan dokumen-dokumen yang disimpan secara kelompok.
d. Untuk melakukan download dan upload informasi.
e. Untuk mengirim dan menerima surat elektronik yang biasa disebut dengan e-mail.
f. Untuk melakukan diskusi dengan kelompok atau grup yang mempunyai hobi atau tujuan
yang sama.
g. Untuk mencari inspirasi atau ide dengan melihat hasil karya orang lain,dll.


Fungsi web browser semakin bnerkembang dengan adanya kemampuan aplikasi tambahan atau pelengkap yang bisa berjalan bersama dengan browser. Kegunaan aplikasi tambahan (plug-in) tersebut untuk meningkatkan kemampuan dari browser itu sendiri.

Beberapa contoh plug-in adalah :
a. Flash player
b. Real player
c.Shockwave player
d. Acrobat reader
e.Quicktime

Cara kerja mesin pencari
Mesin pencari web bekerja dengan cara menyimpan informasi tentang banyak halaman web, yang diambil langsung dari WWW. Halaman-halaman ini diambil dengan web crawler — browser web otomatis yang mengikuti setiap pranala yang dilihatnya. Isi setiap halaman lalu dianalisis untuk menentukan cara mengindeksnya (misalnya, kata-kata diambil dari judul, subjudul, atau field khusus yang disebut meta tag). Data tentang halaman web disimpan dalam sebuah database indeks untuk digunakan dalam pencarian selanjutnya. Sebagian mesin pencari, seperti Google, menyimpan seluruh atau sebagian halaman sumber (yang disebut cache) maupun informasi tentang halaman web itu sendiri.
Ketika seorang pengguna mengunjungi mesin pencari dan memasukkan query, biasanya dengan memasukkan kata kunci, mesin mencari indeks dan memberikan daftar halaman web yang paling sesuai dengan kriterianya, biasanya disertai ringkasan singkat mengenai judul dokumen dan kadang-kadang sebagian teksnya.
Ada jenis mesin pencari lain: mesin pencari real-time, seperti Orase. Mesin seperti ini tidak menggunakan indeks. Informasi yang diperlukan mesin tersebut hanya dikumpulkan jika ada pencarian baru. Jika dibandingkan dengan sistem berbasis indeks yang digunakan mesin-mesin seperti Google, sistem real-time ini unggul dalam beberapa hal: informasi selalu mutakhir, (hampir) tak ada pranala mati, dan lebih sedikit sumberdaya sistem yang diperlukan. (Google menggunakan hampir 100.000 komputer, Orase hanya satu.) Tetapi, ada juga kelemahannya: pencarian lebih lama rampungnya.
Manfaat mesin pencari bergantung pada relevansi hasil-hasil yang diberikannya. Meskipun mungkin ada jutaan halaman web yang mengandung suatu kata atau frase, sebagian halaman mungkin lebih relevan, populer, atau autoritatif daripada yang lain. Kebanyakan mesin pencari menggunakan berbagai metode untuk menentukan peringkat hasil pencarian agar mampu memberikan hasil "terbaik" lebih dahulu. Cara mesin menentukan halaman mana yang paling sesuai, dan urutan halaman-halaman itu diperlihatkan, sangat bervariasi. Metode-metodenya juga berubah seiring waktu dengan berubahnya penggunaan internet dan berevolusinya teknik-teknik baru.
Sebagian besar mesin pencari web adalah usaha komersial yang didukung pemasukan iklan dan karenanya sebagian menjalankan praktik kontroversial, yaitu membolehkan pengiklan membayar agar halaman mereka diberi peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian.


B. Search Engine ( Mesin Pencari)
Sebuah website yang mampu mengindeks berbagai URL atau alamat web yang beradadi dunia maya sehingga mempunyai data base besar tentang berbagai URL lengkap dengan deskripsinya,
Web Browser adalah perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web. Web Browser yang populer adalah Microsoft Internet Explorer dan Mozilla Firefox. Web Browser adalah jenis agen pengguna yang paling sering digunakan. Web sendiri adalah kumpulan jaringan berisi dokumen dan tersambung satu dengan yang lain, yang dikenal sebagai World Wide Web.
Sejarah Web Browser
Web Browser pertama kali berbasis teks, seperti halnya Lynx yang populer hingga sekarang, karena memang sistem dengan antarmuka grafis belum umum digunakan pada saat itu. Baru setelah sistem berbasis grafis mulai banyak digunakan, seorang mahasiswa bernama Marc Andressen di University of Illinois di Urbana-Champaign, Amerika Serikat, membuat sebuah web browser berbasis grafis pertama yang berjalan di atas sistem operasi Windows dan UNIX (berbasis Motif). Web browser tersebut dinamai Mosaic.
Selanjutnya, setelah lulus dari universitas, Marc ditawari oleh Alief Falahuddin, salah seorang petinggi Silicon Graphics Incorporated (SGI), untuk membuat perusahaan dengan nama Mosaic Communication, yang kemudian berubah menjadi Netscape Communication. Marc membuat sebuah web browser populer pertama yang digunakan oleh umum, yang disebut dengan Netscape Navigator. Pada saat pengembangannya, Navigator memiliki nama kode Mozilla. Navigator merupakan web browser komersial, akan tetapi seiring dengan waktu akhirnya Navigator pun menjadi dapat diperoleh secara gratis. Sementara itu, web browser Mosaic yang gratis tidak diteruskan lagi pengembangannya, dan diserahkan kepada NCSA (National Computing for Supercomputer Application). Karena NCSA tidak memiliki izin untuk mengomersialkan produk Mosaic, NCSA akhirnya menjual Mosaic kepada Spyglass, yang akhirnya membuat Mosaic menjadi web browser komersial.
Microsoft, yang terlambat turun di pasar web browser, pun membeli lisensi Mosaic dari Spyglass, sehingga pada akhirnya merilis produk penjelajah web-nya, yang disebut sebagai Internet Explorer. Dengan dirilisnya Internet Explorer, muncullah perang besar antara web browser populer, yakni antara Netscape Navigator, dan Microsoft Internet Explorer.
Fitur web dan web browser
Web browser bisa dibedakan lewat fitur-fitur yang mereka dukung. Browser modern dan halaman web biasanya menggunakan banyak fitur dan teknik yang tidak ada pada masa-masa awal web. Disebabkan adanya perang web browser, fitur-fitur Web dan web browser semakin cepat dikembangkan.




Beberapa situs yang menyediakan fasilitas search engine, antara lain :
1. Google, dengan alamat situs www.google.com
2. Hotbot, dengan alamat situs www.hotbot.com
3. Fastsearch, dengan alamat situs www.fastsearch.com
4. Wikimedia, dengan alamat situs www.wikimedia.com
5. Qbsearch, dengan alamat situs www.qbsearch.com
6. Altavista, dengan alamat situs www.altavista.com
7. Ixquick, dengan alamat situs www.ixquick.com
8. Search Indonesia, dengan alamat situs www.searchindonesia.com
9. dll.














Tidak ada komentar:

Poskan Komentar